Galeri

11.07.2010

Berita "Rawan Bencana, UI Perkuat Departemen Geografi"

Indonesia emang lagi rawan-rawannya bencana nih sekarang.. tepatnya 1 bulan belakangan ini. dimulai dari banjir bandang di wasior..

1. banjir bandang di Wasior
terjadi tanggal 4 oktober 2010. menurut artikel ini (klik disini) bencana itu terjadi sekitar pukul 8.30 WIT. Luapan banjir bandang membuat warga tidak bisa berbuat banyak selain langsung berlarian menyelematkan diri ke perbukitan.Kabupaten Teluk Wondama yang wilayahnya hampir sebagian besar berada di dataran rendah mengakibatkan ratusan rumah warga rata disapu banjir bandang. Lima daerah terparah yakni Wasior, Waskam, Rado, Manggurai dan Sanduai.
sampai tanggal 7 oktober 2010, tercatat 83 orang tewas dan 60 orang hilang. 91 orang luka berat 462 luka ringan. entah berapa total korban seluruhnya dari bencana ini. yang jelasss banyyyaaakk..

2. bencana di Mentawai
bencana di Mentawai sebenarnya awalnya di mulai dari gempa2 yang udah cukup buat warga shock. dan pada hari senin, 25 oktober sekitar pukul 21.42 WIB terjadi tsunami sesaat setelah gempa 7, 2 skala Richter. Ratusan rumah warga di dua desa tersebut hanyut tersapu tsunami. hingga sabtu, 6 november 2010, korban tewas mencapai 447 orang. sumber: kompas.

3. Gunung Merapi, Yogyakarta
terjadi pada tanggal 26 oktober 2010. nih kronologis kejadiannya pada tanggal tersebut..

- Pukul 17.02, mulai terjadi awan panas selama 9 menit

- Pukul 17.18 terjadi awan panas selama 4 menit

- Pukul 17.23 terjadi awan panas selama 5 menit

- Pukul 17.30 terjadi awan panas selama 2 menit

- Pukul 17.37 terjadi awan panas selama 2 menit

- Pukul 17.42 terjadi awanpanas besarb selama 33 menit

- Pukul 18.00 sampai dengan 18.45 terdengar suara gemuruh dari Pos Pengamatan Merapi di Jrakah dan Selo

- Pukul 18.10, pukul 18.15, pukul 18.25 terdengan suara dentuman

- Pukul 18.16 terjadi awanpanas selama 5 menit

- Pukul 18.21 terjadi awanpanas besar selama 33 menit, Dari pos Pengamatan Gunung Merapi Selo terlihat nyala api bersama kolom asap membubung ke atas setinggi 1,5 km dari puncak Gunung Merapi

- Pukul 18.54 aktivitas awanpanas mulai mereda

- Luncuran awanpanas mengarah kesektor Barat-Barat Daya dan sektor Selatan-Tenggara

Catatan : keterangan waktu dalam WIB

Kronologi ini dikutip dari Kronologi Letusan Gunung Merapi Tanggal 26 Oktober 2010 yang dikeluarkan oleh a.n Kepala Badan Geologi, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

http://www.merapi.bgl.esdm.go.id/aktivitas_terakhir.php?pid=17

dan sekarang bahkan abu gunung Merapi katanya udah sampai Bogor..


dari ketiga bencana di atas,, menggerakan hati seorang rektor UI untuk membantu dan berpartisipasi dalam mendeteksi atau mitigasi bencana dengan menyediakan SDM yang mampu menangani itu semua.. (mudah2an si gak ngomong doang ya..)
nah, UI kan ga punya jurusan geologi atau fakultas geografi.. cuma ada jurusan geografi.. kata pak rektor, Gumilar Rusliwa Soemantri, begini "belum perlu memiliki departemen khusus geologi, tetapi cukup memperkuat departemen Geografi".
bener ya pak,, saya tunggu janji bapak lo.. sebelom mencegah dan mengatasi bencana di luar sana pak, kayaknya departemen geografi yang lebih dulu butuh pencegahan bencana pak.. gedungnya udah reot pak.. ntar klo gedungnya rubuh,, anak2 muda harapan bangsa macam kita mau belajar dimana dong pak??????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar