Galeri

11.14.2010

Kenapa Harus Ambon ??

pernah denger ga klo di Ambon ada festival perahu layar??? pasti jarang yang tau deh kalo di Ambon ada festival perahu layar yang skalanya udah internasional (banyak peserta dari luar negeri)..

terserah deh pernah denger atau nggak.. karna yang mau gw tulis and share di tulisan kali ini bukan masalah itu..

tapi pernahkah kalian berfikir (asik)..??
kenapa festival itu diadainnya atau diselenggarakannya di Ambon?? ga di Bali, Lombok, atau Bunaken yang lebih terkenal wisata baharinya????

penasaran ga? ga penasaran juga ga apa-apa si.. tapi penasaran doongg.. ya, ya, ya,

sebelom ke inti pembicaraan.. gw jelasin dulu tentang festival perahu layar di Ambon. check this out..

festival perahu layar di Ambon di mulai tahun 1976. para perahu layar itu harus mengarungi laut perairan ambon sejauh 600 mil. yang menang nanti bakal dapet piala dari Mentri Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia.. (kayaknya peserta lebih tertarik sama keindahan laut Ambon daripada piala2an). waktu pertama kali cuma diikutin 6 perahu. dulu, nama festival ini lomba perahu layar dari Darwin - Ambon yang diselenggarain sama Cruising Yacht Association of the Northern Territory Incorporated (CYANT). lomba Darwin - Ambon sebenernya pengganti lomba Darwin - Dili yang diberentiin gara2 faktor keamanan di timor timur..

nah, karena faktor keamanan juga, lomba ini sempet dihentiin. yaitu gara-gara kerusuhan di Ambon.. ya.. sekitar tahun 1998-an lah.. padahal waktu itu jumlah pesertanya semakin bertambah, pas tahun 1998 jumlah peserta lomba sampe 100 kapal, tapi dibatalin gara-gara manohara diculik.. ya bukanlah.. karena faktor keamanan di Ambon, akibat konflik sosial.. Lombanya ada lagi tahun 2006, dimulai dengan kunjungan perwakilan dari Ambon ke Darwin ke Dinas Beach Cruising Yacht Association Incorporated (DBCYA) pas April 2006 buat ngadain lagi perlombaan.. akhirnya asosiasi itu tertarik lagi.. ada lagi deh.. sedihnya pas tahun 2006 cuma diikutin 4 perahu.. nah,, yang terakhir dilaksanain tahun 2010 kemaren nih.. namanya ganti jadi event Sail Banda 2010.

banyak pelayar internasional yang ikut serta dalam lomba kapal layar Darwin-Ambon yang nonton juga banyak apalagi wisatawan asing yang mengunjungi Maluku.. Jumlah kapal layar yang ikut lomba ada 106, dilepas Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad dari Kota Darwin pada 24 Juli 2010. Kapal Australia, Cruise Missile yang jadi juaranya (kalah dewi lestari). garis finishnya di Pantai Desa Amahusu, 26 Juli 2010. Rangkaian kegiatan "Sail Banda" berlangsung sejak 12 Juli 2010 hingga 17 Agustus 2010 antara lain meliputi acara reli kapal layar (yacht rally), festival makanan laut, festival budaya dan bakti sosial.

cukup kan penjelasan mengenai festival perahu layar di Ambonnya???

sekarang kita jawab pertanyaan kenapa di Ambon??

ada yang bilang karena letak Pulau Ambon yang strategis karena berada pada wilayah pertemuan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, membuat para pelayar dapat beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan mengarungi samudera menuju pulau-pulau yang dituju. Apalagi Teluk Ambon yang tenang, laut yang masih tergolong bebas dari polusi, kota kecil yang tak ramai dan penduduknya ramah, membuat Ambon menjadi tempat yang cocok bagi pelayar untuk melepas lelah setelah berhari-hari berlayar.

gak salah siihh.. tapi lebih tepatnya karena faktor angin yang ada di Ambon.. perhatiiin ga bacaan di atas klo lomba perahu layar diadainnya bulan aapa?? ya, bener (padahal ga ada yang jawab). sekitar bulan juli-an. ada apa angin ambon bulan juli????

jadi, sekitar Ambon (Maluku), pada bulan juli ada angin munson timur yang bertiup. angin muson timur adalah angin yang mengalir dari Benua Australia (musim dingin) ke Benua Asia (musim panas) sedikit curah hujan (kemarau) di Indonesia bagian Timur karena angin melewati celah- celah sempit dan berbagai gurun (Gibson, Australia Besar, dan Victoria). Ini yang menyebabkan Indonesia mengalami musim kemarau. Terjadi pada bulan Juni, Juli dan Agustus, dan maksimal pada bulan Juli.

Pada bulan April-Oktober, matahari berada di belahan langit utara, sehingga benua asia lebih panas daripada benua australia. Akibatnya, di asia terdapat pusat-pusat tekanan udara rendah, sedangkan di australia terdapat pusat-pusat tekanan udara tinggi yang menyebabkan terjadinya angin dari australia menuju asia. Di indonesia terjadi angin musim timur di belahan bumi selatan dan angin musim barat daya di belahan bumi utara. Oleh kerena tidak melewati lautan yang luas maka angin tidak banyak mengandung uap air oleh karena itu pada umumnya di indonesia terjadi musim kemarau, kecuali pantai barat sumatera, sulawesi tenggara, dan pantai selatan irian jaya.

nah, keberadaan angin muson timur ini yang tanpa sadar sudah dimanfaatkan masyarakat, pemerintah, dan pecinta alam maupun olah raga untuk lomba perahu layar itu..

oke. sekian dan terima kasih.

Sumber:
http://www.antaramaluku.com/sports/18-perahu-ikut-lomba-layar-darwin-ambon
http://melayuonline.com/ind/news/read/11657/lomba-layar-darwin-ambon-digelar-lagi
file:///99-sail-banda-tonggak-wisata-bahari-maluku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar